• Jakarta
Moto GP

Resmi Pensiun, Ini Perjalanan Karier Jorge Lorenzo di MotoGP

Dunia MotoGP tengah bersedih karena harus melepas salah satu pembalap terbaik pada masanya, Jorge Lorenzo yang memutuskan pension, berikut perjalanan kariernya.

Jorge Lorenzo menyampaikan kabar pensiunnya pada konferensi pers pada Hari ini, Jumat (15/11/19) di Valencia, Spanyol. Dengan kata lain, seri GP Valencia pada akhir pekan ini akan menjadi balapan terakhirnya.

Untuk mengenang bagaimana perjuangan Jorge Lorenzo, berikut Kami hadirkan perjalanan singkatnya di dunia MotoGP.

Perjalanan Karier Jorge Lorenzo di MotoGP



Lahir di Palma de Mallorca pada 4 Mei 1981, Jorge Lorenzo tumbuh dan berkembang menjadi salah satu calon pembalap yang hebat. Pada tahun 2002, Jorge Lorenzo akhirnya memulai petualangannya sebagai pembalap dengan bertanding di kelas 125 cc.

Sayang di tahun pertamanya, Jorge Lorenzo tampil buruk dengan berada di posisi akhir 21. Namun lambat laun, Jorge Lorenzo mampu memperbaiki posisinya hingga akhirnya ia berhasil promosi ke kelas 250 cc untuk musim 2005.

Di kelas 250 cc ini, Jorge Lorenzo tampil begitu memukau dengan torehan gelar juara pada edisi 2006 dan 2007. Pencapaian yang fantastis di kelas 250 cc membuatnya mendapat promosi ke MotoGP pada tahun 2008 dengan tim Yamaha dan menjadi kompatriot Valentino Rossi.

Secara mengejutkan, Jorge Lorenzo menunjukan kapasitasnya sebagai pembalap kelas dunia dengan tidak pernah terlempar dari 4 besar di posisi akhir selama membela Yamaha hingga 2016. Selama periode itu juga, Jorge Lorenzo mampu menjadi juara dunia pada tahun 2010, 2012, dan 2015.

Namun tahun yang paling tak bisa dilupakan oleh Jorge Lorenzo terjadi pada musim 2010. Pada saat itu, Jorge Lorenzo mampu merebut podium sebanyak 16 kali, 9 kemenangan di seri balapan, hingga mengumpulkan 383 angka.

Torehan poin itu sendiri menjadi yang terbanyak di MotoGP sebelum akhirnya dipecahkan oleh Marc Marquez. Pada tahun 2017, Jorge Lorenzo akhirnya memilih pindah dari Yamaha ke Ducati, tapi keputusan itu membuat prestasinya juga ikut menurun.

Hingga akhirnya pada 2019 ia memilih untuk bergabung dengan Repsol Honda, tetapi lagi-lagi peformanya terus mengalami penurunan. Lalu Jorge Lorenzo pun memutuskan pensiun dari dunia MotoGP pada tahun ini.

Sumber : Indosport

Bagikan Artikel ini!

Prayuda Anugeraha

Pengamat berita olahraga lokal maupun internasional. Sangat tertarik dengan Liga Inggris..